Minggu, 09 Desember 2012

Juventur Vs Palermo

Juventus Menang Tipis di Kandang Palermo
Riau Pos Terkini Blogspot : Juventus sukses mengokohkan posisinya di puncak klasemen sementara Seri A. Mengunjungi kandang Palermo, La Vecchia Signora menang tipis 1-0 berkat gol semata wayang Stephan Lichtsteiner.

Bermain di Renzo Barbera, Minggu (9/12/2012) malam WIB, Juve tampil relatif dominan. Meski punya banyak peluang di babak pertama, mereka tak bisa mencetak gol. Skor 0-0 saat turun minum.

Gol Juve baru tercipta pada awal babak kedua. Lichtsteiner jadi pahlawan Bianconeri lewat golnya.

Dengan hasil ini, Juve mantap di puncak klasemen sementara dengan raihan 38 poin dari 16 pertandingan, unggul lima poin atas Napoli yang ada di urutan kedua. Palermo ada di posisi ke-17 dengan 14 poin.

Jalannya Pertandingan

Tim tuan rumah memperoleh kesempatan bagus pada menit ke-11 melalui tendangan Jasmin Kurtic dari luar kotak penalti. Namun, kiper Gianluigi Buffon dengan mudah membendung laju bola.

Juve berpeluang unggul pada menit ke-30. Tapi, sepakan Claudio Marchisio belum mengarah ke sasaran.

Juve nyaris unggul enam menit kemudian. Tendangan Marchisio dari dalam kotak penalti bisa diblok kiper Samir Ujkani, bola liar coba dicocor Mirko Vucinic tapi masih mengenai tiang gawang.

Memasuki menit ke-40, Giorgio Chiellini yang ikut membantu serangan juga mendapatkan peluang. Tapi, tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti melenceng.

Berselang empat menit, Alessandro Matri menyia-nyiakan peluang yang dia dapatkan. Mendapatkan umpan matang dari Arturo Vidal, sontekannya dari jarak dekat bisa dihalau Ujkani.

Di awal babak kedua, Vucinic kembali dijauhi keberuntungan. Tembakannya ke tiang jauh lagi-lagi digagalkan tiang gawang.

Juve akhirnya bisa memecahkan kebuntuan saat laga berusia 50 menit. Vucinic menunjukkan kontrol bola yang sangat baik dengan dadanya, dia kemudian memberi umpan backheel kepada Lichtsteiner. Tinggal berhadapan dengan Ujkani, Lichtsteiner tanpa kesulitan menyarangkan bola ke gawang.

Andrea Pirlo berpeluang menambah keunggulan Juve di menit ke-62. Tapi, tembakannya dari depan kotak penalti bisa ditangkap Ujkani.

Palermo mencoba menyamakan kedudukan pada menit ke-71. Percobaan Paulo Dybala dari luar kotak penalti tak terlalu membahayakan gawang Juve karena arahnya masih melebar.

Baru beberapat detik masuk lapangan, Nicklas Bendtner nyaris menggandakan keunggulan tim tamu. Sial buat dia, tendangannya masih melebar.

Palermo kehilangan satu pemainnya saat laga memasuki menit ke-75. Michel Morganella harus meninggalkan lapangan karena menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Kwadwo Asamoah.

Bendtner sempat menjebol gawang Palermo empat menit kemudian. Tapi, gol ini tak disahkan oleh wasit karena si pemain lebih dulu terjebak offside.

Di menit-menit akhir, Vucinic juga gagal memanfaatkan peluang. Tendangannya meneruskan umpan Marchisio bisa diantisipasi Ujkani.

Susunan Pemain
Palermo: Ujkani; Munoz, Donati (Dybala 70'), Von Bergen; Pisano (Brienza 46'), Morganella, Barreto, Kurtic (Viola 74'), Garcia; Ilicic; Miccoli

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (Padoin 64'), Vidal (Pogba 54'), Pirlo, Marchisio, Asamoah; Matri (Bendtner 73'), Vucinic


'Hanya Pirlo yang Spesial di Juventus, Pemain Lain Biasa Saja'
Presiden Palermo, Maurizio Zamparini, mempertanyakan kualitas pemain Juventus. Menurut dia, hanya Andrea Pirlo yang punya kualitas istimewa di Juventus sedangkan para pemain sisanya biasa saja.

Mulanya Pirlo sempat divonis sudah "habis" saat Juve memborongnya dari AC Milan. Akan tetapi, dalam pola 3-5-2 yang dipakai Antonio Conte, Pirlo kemudian mematahkan semua anggapan tersebut dan bermain ciamik sebagai metronom yang mengarsiteki permainan La Vechia Signora seraya berhasil membawa Juve meraih scudetto pada musim 2011-2012.

Di musim ini, penampilan Pirlo juga masih terhitung apik. Berdasarkan statistik pemain 33 tahun ini sukses mencetak tiga gol dan enam assists dari total 20 penampilannya di seluruh kompetisi yang diikuti Juve.

Melihat catatan Pirlo itu, Zamparini meyakini Juventus tidak akan bisa tampil sebaik sekarang tanpa kehadiran Pirlo di lini tengah.

"Juventus hanya terdiri dari pemain-pemain biasa, bukan fenomena yang luar biasa. Pirlo satu-satunya yang terbaik, yang lainnya hanya biasa saja," sindir Zamparini kepada Radio Radio yang Soccerway.

Di Renzo Barbera, Minggu (9/12/2012) malam WIB, Palermo akan disambangi Juventus untuk melakoni pekan ke-16 Serie A.

Juventus Menyambut 'Kembalinya' Conte
Tanpa kehadiran Antonio Conte di pinggir lapangan, Juventus tetap mendapatkan hasil-hasil positif di kompetisi yang mereka ikuti. Beberapa hari lagi, Bianconeri akan kembali didampingi sang allenatore.

Bulan Agustus silam, Conte diskors selama sepuluh bulan akibat kasus Scommessopoli. Setelah melalui proses banding di badan arbritase untuk olahraga Italia (TNAS), hukumannya dikurangi menjadi empat bulan saja.

Dengan hukuman tersebut, Conte tak boleh ada di bangku cadangan saat Juve bertanding di semua kompetisi. Tapi, dia masih diizinkan untuk memimpin latihan rutin timnya.

Ketiadaan Conte di pinggir lapangan ternyata tak terlalu memengaruhi prestasi La Vecchia Signora. Dua tangan kanan Conte, Massimo Carrera dan Angelo Alessio, mampu menggantikan perannya dengan cukup baik.

Di ajang Seri A, Juve masih memimpin klasemen sementara, unggul dua poin atas Napoli yang ada di urutan kedua. Sementara itu, di kompetisi Eropa, mereka juga masih bertahan.

Laga di kandang Shakhtar Donetsk, Kamis (6/12/2012) dinihari WIB, adalah laga terakhir sebelum Conte terbebas dari hukumannya. Pada laga tersebut, Juve menang 1-0 dan mengunci satu tiket babak 16 besar Liga Champions.

"Pujian harus diberikan kepada para pemain karena meski tanpa Antonio, mereka tetap melakukan segala yang diinstruksikan," kata Alessio di situs resmi klub.

"Sulit melakukannya tanpa Antonio, tapi tim tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana harus bergerak, jadi mereka sangat membantu situasinya. Hari ini kami harus memanggil beberapa pemain yang tak menjaga posisinya," tambahnya.

"Saya tahu apa yang dilalui Antonio dalam beberapa bulan terakhir. Saya ingin berterima kasih kepada staf yang sudah bekerja sangat keras untuk mencapai tujuan awal ini, yakni lolos," kata Alessio.

Akhir pekan ini, Conte sudah bebas dari skorsing. Dia bisa mendampingi timnya untuk laga melawan Palermo di Seri A, Minggu (9/12/2012) malam WIB.

Riau Pos Terkini Blogspot Sumber : ~ detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar